Friday 5 October 2012

Puncak Limas

Assalamualaikum Wr,Wb.
puncak limas
Puncak Limas merupakan salah satu puncak dari G.Wilis yang berada di Kab. Nganjuk. Puncak Limas memiliki ketiggian 2300 mdpl. Untuk sampai kesini kita dapat menempuh jalur Nganjuk-RoroKuning-Sekartaji-P.Limas. Dari Nganjuk kita naik motor atau nebeng truck/pickup yang menuju R.Kuning (soalnya tidak ada kendaraan umum yang menuju kesini) kurang lebih 20 menit. Dari R.Kuning kita akan menyusuri jalan setapak sampai Sekartaji. Disini ada dua jalur yang biasanya dilalui para pendaki untuk menuju Sekartaji, jalur A dan jalur B.
Jalur A, jalur ini lebih panjang dari jalur B tetapi tidak begitu menanjak dibanding jalur B. Pada jalur A kita akan melewati hutan pinus, semak-semak, alang-alang dan disebelah kiri ada jurang (hati-hati). Tiga sampai empat jam kita akan tiba di sekartaji. Kalau jalur B mulanya tidak begitu menanjak, ketika hampir sampai sekartaji jalurnya akan menanjak sampai 70 drajat. Pada jalur B kita akan melewati hutan pinus, hutan bambu, semak-semak dan melewati beberapa sungai. Dua sampai Tiga jam kita akan tiba di sekartaji.
sekartaji

sekartaji

sekartaji
Sesampainya di Sekartaji biasanya para pendaki tidak langsung melanjutkan perjalanan menuju P.Limas. Mereka mendirikan tenda dome atau shelter untuk beristirahat mengembalikan stamina. Di Sekartaji kita dapat melihat keindahan alam Sang Maha Pencipta (Subhanallah), di malam hari kita dapat melihat gemerlap kota Kediri (disisi kanan) dan kota Nganjuk (disisi kiri). Setelah stamina terkumpul kita dapat melanjutkan perjalanan menuju P.Limas. Kalau ingin melihat Sunrise kita harus berangkat malam.
Dari Sekartaji menuju P.Limas kita akan menyusuri jalan setapak, melewati alang-alang, dan hutan. Jalan yang kita lalui begitu menanjak serta diapit oleh jurang (hati-hati). Mental dan fisik yang kuat sangat diperlukan. Selama perjalanan kita akan melihat keindahan alam yang begitu mempesona (WOw......), kita juga dapat melihat bunga yang hanya tumbuh di pegunungan yaitu bunga EDELWAIS. Tiga sampai empat jam kita dapat sampai di P.Limas.
puncak limas
Ciri-ciri mendekati P.Limas adalah banyaknya Pohon Cemara di kanan kiri kita. Akan tetapi kalau musim kemarau hanya terlihat seperti kayu-kayu yang tertancap di tanah. Soalnya banyak terjadi kebakaran dimana-mana. Ketika Sampai di Puncak kita akan disambut Tugu "Sugeng Rawuh Puncak Limas 2300 MDPL Himapala Nganjuk". Di Puncak kelelahan kita terbayar oleh keindahan pesona alam yang menajubkan, kalau cuaca cerah kita juga dapat melihat puncak raksasa "Mahameru" yang merupakan puncak dari G.Semeru. Subhanallah Maha Besar Allah........

"JANGAN MENINGGALKAN SESUATU KECUALI JEJAK,
                   JANGAN MENGAMBIL SESUATU KECUALI DOCUMENTASI"

Wassalamualaikum Wr,Wb.

4 comments:

  1. nice blog brow, keep blogger ! :D

    Kidunggandrung.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. itu ada situs seperti batu candinya ya mas???
    bisa diceritakan sejarahnya???



    ardiyantaa.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas, lebih tepatnya disitu ada sebuah tugu,
      untuk sejarahnya sendiri, benar apa yang dikatakan Mas Eki Bagus...
      Namun kalau ingin lebih jelasnya bisa di Search di Google mas,

      Delete
  3. ada. belum tahu mengenai sejarahnya. namun menurut kabar, disitu tempat petilasan dewi sekartaji. :)


    untuk foto lainnya:

    https://www.facebook.com/media/set/?set=a.474167429272530.101106.100000378310300&type=3

    ReplyDelete