Minggu, 23 September 2012

Arti Persahabatan Dalam Pandangan Islam

Assalamuallaikum Wr.Wb,

     Selama membina dan mengembangkan Islam, Nabi Muhammad Saw selalu menjadi sahabat dengan siapapun tak terkecuali dengan para budak belian yang telah dimerdekakan oleh tuannya. Dari sekian banyak sahabat, empat sahabat utama nabi yang kelak kemudian menjadi empat orang khalifah. Nabi Muhammad Saw mengajarkan tentang arti persahabatan. Persahabatan Nabi Muhammad Saw dengan keempat sahabat utama dan sahabat lain, terjalin karena suatu ikatan yang kuat yakni keimanan.
     Abubakar r.a, Umar bin Khatab r.a, Ustman bin Affan r.a, dan tentu saja Ali r.a empat sahabat yang terlampau dekat dengan Nabi Muhammad Saw. Mereka sangat mengerti betul arti persahabatan. Arti persahabatan yang tergambar dari persahabatan Nabi Saw dan para sahabat terutama empat orang sahabat utama, adalah persahabatan yang tak lekang terkena panas, tak ada pamrih dan tak pernah berniat untuk pamrih. Semuanya berlangsung dengan dasar keimanan dan kecintaan kepada Nabi Muhammad Saw.
     Arti persahabatan dalam islam yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw dengan para sahabatnya adalah menumbuhkembangkan komitmen yang kuat, terjalin bukan karena kepentingan tertentu, melainkan semata-mata karena cita-cita mulia yaitu membawa umat manusia dari jaman jahiliyah menuju jaman islamiyah.
      Arti persahabatan antara Nabi Saw dan para sahabatnya adalah menyerahkan segala hidup semata-mata untuk memperjuangkan agama Islam. Selama hidupnya antara Nabi Saw dan para sahabatnya, tak pernah sekalipun terlibat cecok sampai meruncing menjadi salah paham dan permusuhan.
      Arti persahabatan dalam Islam terikat dengan tali yang tak akan pernah putus. Terjalin indah dalam ridho Allah Swt. Dalam membina persahabatan hanya satu dalam hatinya yaitu keimanan yang terhujam kuat. Iman menjadi satu-satu pertimbangan dan tujuan ketika Nabi Saw dan para sabatnya menjalin persahabatan.
      Arti persahabatan dalam Islam adalah apa yang telah terangkum dalam sholat. Dari mulai bacaan sampai doa, telah terangkum bahwa hidup bukan untuk mementingkan dan kemenangan pribadi. Bayangkan doa seorang muslim yang beriman, dalam setiap doanya selalu ditujukan untuk kaum muslim laki-laki dan muslim perempuan. Tak peduli apakah yang diberi doa itu mendengar atau tidak.
     Ini sejatinya arti persahabatan, tetap berdoa untuk kebaikan sahabat sekalipun sahabatnya tak pernah tahu apa yang telah dilakukannya. Arti persahabatan dalam Islam bisa dianalogikan sebagai satu tubuh yang utuh.
      Coba bayangkan ketika kelingking jemari tangan terkena luka, maka rasa sakit itu tak hanya dirasakan oleh kelingking jemari tangan, melainkan akan dirasakan oleh seluruh anggota tubuh yang lain. Inilah arti persahabatan yang sejati dalam pandangan Islam.
    Persahabatan dalam Islam diikat oleh rasa kasih sayang yang berlandaskan iman dan taqwa. Arti persahabatan dalam Islam adalam membangun rasa saling cinta berdasarkan aturan Allah Swt dan contoh Nabi Muhammad Saw.

Wasalamuallaikum Wr.Wb,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar